6 Februari 2011

Yuk. TAHAJUD….


Dalam fikih Ja’fari, shalat Tahajud lebih sering disebut dengan sholat malam juga dengan sebutan shalat lail. As you know,Shat tahajud termasuk salah satu shalat mustahab yang sangat ditekan dan utamanya menjelang Subuh. Jumlah rakaat shalat sedikitnya dua rakaat dengan maksimal jumlah tidak dibatasi.Tetapi ada juga yang melakukan delapan rakaat shalat tahajud dengan niat shalat malam , dua rakaat dengan niat shalat syaf’ dan satu rakaat dengan niat shalat witir. Dianjurkan membaca doa Iftitah. Pada setiap rakaat,setelah membaca surat al-Fatihah, membaca salah satu surat dalam al-Quran , namun dianjurkan pada rakaat pertama membaca surat al-Kafirun dan pada rakaat ke dua setelah surat al-Fatihah dianjurkan membaca surat al-ikhlas.
Rasulullah Saw bersabda,” Jika seseorang bangun dari pembaringan dan melawan kantuk untuk mencari ridha Tuhannya dengan mengerjakan shalat malam maka Allah akan membanggakannya kepada para malaikat, manteb tenan rek... Dia berfirman, ‘Lihatlah hamba-Ku ini. Ia bangun dari nikmatnya tidur untuk mengerjakan sholat, padahal Aku tidakmewajibkannya.Bersaksilah bahwa Aku telah mengampuni dosa-dosanya.”Bisa bayangkan, disanjung orang saja uda baangga banget apalagi kalau yang muji Allah swt.
Shalat tahajud adalah sholat sunah yang dilakukan pada waktu malam hari antara waktu Isya hingga terbit fajar dan dilakukan setelah Muslim sempat tertidur. Dengan niat hanya semata karena Allah Swt dengan ikhlas dan mengharapkan ridha-Nya. Niatnya sebagai berikut :

ushalli sunnatal tahajjudi rak’atani lillahi Swt.” Artinya: Aku berniat sholat sunah Tahajud dua rakaat karena Allah.

Shalat tahajud memiliki keutamaan yang tidak terhingga. Shalat mendatangkan anugerah dan berkah. Oleh karena itu , Allah Swt menyuruh Rasulullah Saw agar tidak meninggalkan shalat tahajud . Shalat tahajud dapat dilakukan kapanpun pada malam hari, namun waktu paling utama untuk melakukannya adalah pada sepertiga akhir malam, kira-kiramulai jam 1.00 malam sampai menjelang masuk waktu subuh.
Allah berfirman,

“Wa minal laili fatahajjad  bihi nafilan lak,’asa an yab’atsaka Rabbuka maqamam mahmuda” Artinya : pada sebagian malam hari shalat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahn bagimu. Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.(QS.al-Isra:79)

Rasulullah Saw bersabda, “Siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan,yang diberi anugerah untuk shalat malam; dia bangun karena Allah Swt dengan ikhlas, lalu berwudhu dengan sempurna dan shalat dengan niat yang tulus , hati yang bersih , badan yang khusyuk, dan mata menangis, niscaya Allah Ta’ala menempatkan sembilan saf malaikat di belakangnya. Jumlah malaikatdalam setiap saf tidak terhingga dan hanya Allah yang mengetahui, dan panjang saf itu terbentang dari timur ke barat.”Selanjutnya, beliau bersabda,”Bila dia menyelesaikan shalatnya, Allah Swt menuliskan baginya beberapa derajat menurut jumlah mereka.” 

Keutamaan Shalat Tahajud :
Tentang keutamaan shalat Tahajud tersebut, Rasulullah SAW suatu hari bersabda : “Barang siapa mengerjakan shalat Tahajud dengan
sebaik-baiknya, dan dengan tata tertib yang rapi, maka Allah SWT akan memberikan 9 macam kemuliaan : 5 macam di dunia dan 4 macam di akhirat.”
Adapun lima keutamaan didunia itu, ialah :
1. Akan dipelihara oleh Allah SWT dari segala macam bencana.
2. Tanda ketaatannya akan tampak kelihatan dimukanya.
3. Akan dicintai para hamba Allah yang shaleh dan dicintai oleh
semua manusia.
4. Lidahnya akan mampu mengucapkan kata-kata yang mengandung hikmah.
5. Akan dijadikan orang bijaksana, yakni diberi pemahaman dalam agama.
Sedangkan yang empat keutamaan diakhirat, yaitu :
1. Wajahnya berseri ketika bangkit dari kubur di Hari Pembalasan nanti.
2. Akan mendapat keringanan ketika di hisab.
3. Ketika menyebrangi jembatan Shirotol Mustaqim, bisa melakukannya dengan sangat cepat, seperti halilintar yang menyambar.
4. Catatan amalnya diberikan ditangan kanan.

Hikma X-9
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© 2011 Buletin Karisma :: Berbagi Ilmu Menjalin Ukhuwah
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top