16 Juni 2011

TIPS: Mandi Besar

Sahabat-sahabat karisma yang di rahmati oleh Allah. Allah telah menciptakan manusia sebagai makhluk yang paling mulia , yang hanya mentauhidkan Allah , taat beribadah , memiliki akhlaq mulia , bergaul baik dengan sesamanya , serta senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan. Maka dari itulah kita perlu mengetahui bagaimana memelihara kesucian diri kita , agar amal ibadah kita senantiasa di terima oleh Allah SWT. Berikut ini adalah Tata Cara/ Tips Mandi Besar / Mandi Wajib / Mandi Janabah :
Tata cara Mandi Besar atau Mandi Wajib atau mandi Junub / Janabah adalah rangkaian cara mandi bagi orang yang ingin mensucikan diri dari hadats besar karena haidh, nifas dan usai bersetubuh. Adapun mengenai tata cara/ tips mandi besar atau mandi junub atau mandi janabah ini dapat kita ketahui dari berbagai hadits yang berkaitan dengan hal tersebut. Hadits-hadits dibawah ini sudah cukup jelas menggambarkan tata cara mandi besar / junub / janabah;
Hadits 1, status: Shahih, diriwayatkan oleh Al Bukhari dan Muslim:
dari Aisyah ra. dia berkata ” Apabila Rasulullah saw mandi junub, beliau memulai dengan mencuci kedua tangannya, lalu menuangkan air dengan telapak tangan kanannya ke telepak tangan kirinya untuk membasuh kemauluannya, kemudian beliau berwudhu’, lalu mengambil air dan kemudian memasukkan jari-jarinya ke pangkal rambutnya, setelah itu beliau menuangkan air ke atas kepalanya tiga kali, lalu meratakan air ke seluruh badan, kemudian membasuh kedua kakinya.”
Hadits 2, status: Shahih, diriwayatkan oleh Muslim:
Dari Ummu Salamah ra, dia berkata “Aku bertanya, ‘Wahai Rasulullah. Saya ini seorang wanita yang tebal ikatan rambutnya, apa saya perlu melepasnya ketika mandi janabat?’ Dalam sebuah riwayat, ‘Dan Ketika mandi karena haidh?’ Beliau jawab, ‘ Tidak perlu, cukup bagimu menyiramkan air ke kepalamu tiga kali siraman.”
Dari hadits yang pertama diatas, kita bisa mengetahui bahwa tata cara mandi besar / junub / janabah adalah:
1. Mencuci kedua tangan
2. Menuangkan air ke tangan kanan
3. Dari tangan kanan air di tuang ke tangan kiri untuk mencuci kemaluan
4. Berwudhu
5. Mengambil air lalu memasukkan jari-jari ke pangkal rambut
6. Menuangkan air ke kepala 3x
7. Meratakan air keseluruh tubuh
8. Mencuci kaki.

Hal-Hal yg Tidak Boleh Dilakukan oleh Orang yg Sedang Junub Orang yg sedang junub tidak diperbolehkan melakukan hal-hal berikut.
Membaca Alquran kecuali istiazah dan yg lainnya. Hal ini berdasarkan dalil-dalil berikut. Rasulullah saw.
bersabda Wanita yg sedang haid dan orang yg sedang junub tidak boleh membaca apa pun dari Alquran. . Ali r.a.
berkata Rasulullah saw. membaca Alquran dalam tiap keadaan kecuali ketika ia sedang junub. .
Memasuki masjid kecuali hanya melewatinya saja jika mendesak . Allah berfirman sedang kamu dalam keadaan junub kecuali sekedar lewat saja. .
Mengerjakan salat wajib atau salat sunah. Allah berfirman Hai orang-orang yg beriman janganlah kalian salat sedang kalian dalam keadaan mabuk sehingga kalian tidak mengerti apa yg kalian ucapkan sedang kamu dalam keadaan junub kecuali sekedar lewat saja hingga kalian mandi. .
Menyentuh Alquran meskipun dgn menggunakan kayu atau yg lainnya. Allah berfirman Sesungguhnya Alquran ini adl bacaan yg sangat mulia. Di kitab yg terpelihara. Tidak menyentuhnya kecuali hamba-hamba yg disucikan. . Rasulullah saw. bersabda Janganlah engkau menyentuh Alquran kecuali engaku dalam keadaan suci. {HR Daru Quthni}.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

1 komentar

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© 2011 Buletin Karisma :: Berbagi Ilmu Menjalin Ukhuwah
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top